Mengatasi Berbagai Masalah dengan Bertasbih

Jun 26, 2013

Ketika nabi Yunus di telan ikan paus ia terus menerus bertasbih mensucikan nama Allah . Ucapan tasbih nabi Yunus yang terkenal adalah :”Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzholimin (tidak ada Tuhan selain Engkau, maha suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang yang mendzolimin diri sendiri) sebagaimana disebutkan dalam surat Al Anbiya ayat 87 :
87- Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang lalim.”
Berkat tasbih yang diucapkannya itu Allah mengampuni kesalahannya dan mengeluarkannya dari perut ikan paus yang telah menelannya, sebagaimana disebutkan dalam surat as shaffat ayat 143-144
143- Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak (bertasbih) mengingat Allah , 144- niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (As Shafat 143-144)
Dalam surat as Saffat diatas Allah mengingatkan seandainya Yunus bukan orang yang banyak bertasbih mengingat Allah niscaya ia akan tetap berdiam didalam perut ikan paus itu sampai hari kiamat nanti.Allah menyelamatkannya karena ia termasuk orang yang banyak bertasbih.

Hal ini bisa jadi pelajaran bagi kita bahwa jika kita tidak mau dan enggan bertasbih niscaya kita akan tetap berada didalam kegelapan dan kesulitan hidup sampai hari kiamat nanti. Insya Allah dengan banyak bertasbih seperti yang dilakukan nabi Yunus maka Allah akan mengeluarkan kita dari kegelapan hidup kepada kelapangan dan cahaya yang menerangi.

Kisah Nabi Yunus diatas merupakan pelajaran bagi kita bahwa dengan banyak bertasbih Allah akan mengeluarkan kita dari berbagai kesulitan yang kita alami. Banyak orang yang mengalami berbagai kesulitan dalam hidupnya karena tidak mendapat solusi akhirnya jadi berputus asa dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Dalam surat At Thur ayat 48-49 Allah mengingatkan agar kita bersabar dalam menghadapi ketetapan Allah atas diri kita dan agar kita selalu bertasbih mensucikan namaNya diwaktu berdiri, dan pada sebagian malam hari . Sesungguhnya Allah selalu memperhatikan dan mengawasi keadaan kita.
48. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. 49. dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).(At Thur 48-49)
Kalimat tasbih yang kita ucapkan terus menerus dapat menghilangkan berbagai prasangka buruk tentang Allah yang selalu dihembuskan syetan kedalam hati kita. Kalimat tasbih juga dapat memberi ketenangan pada hati dan fikiran kita. Ketika hati kita selalu bertasbih maka hati menjadi tenang dan bersih dari berbagai prasangka buruk , sehingga hidayah dan bimbingan Allah untuk mengatasi berbagai masalah bisa masuk dengan mudah kedalam hati dan fikiran.

Berikut ini kami sampaikan beberapa kalimat tasbih yang bisa diucapkan dalam rangka menentramkan hati dan mengatasi berbagai masalah hidup yang datang mendera. Jika anda mengalami berbagai tekanan hidup seperti hutang yang menumpuk, usaha bisnis selalu merugi, jodoh yang tak kunjung datang, pasangan hidup yang berselingkuh, Rumah tangga yang selalu ribut, Ekonomi terpuruk, dan lain sebagainya, cobalah wiridkan membaca tasbih berikut ini setiap selesai sholat, diwaktu pagi dan petang serta sebagian malam hari.

  1. Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaaha illallah huwallahu akbar (Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan Allah, Dia Allah maha besar ) 

  2. Ya Allah ya Jabbar , Ya Allah ya mutakabbir , Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malika mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Ya Allah yang maha berkehendak, Ya Allah yang maha agung, yang maha besar, Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. )

  3. Ya Allah ya Hayyu , ya Allah ya Qoyyum Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Ya Allah yang maha Hidup, Ya Allah yang berdiri sendiri, Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. )

  4. Ya Allah ya Rahman, Ya Allah ya Rahim Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Ya Allah yang maha pengasih, Ya Allah yang maha penyayang, Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. )

  5. Ya Allah ya Salam, Ya Allah ya Mukmin Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Ya Allah yang maha selamat, , Ya Allah yang memberi rasa aman, Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. )

  6. Demikian selanjutnya bisa diteruskan dengan asmaulhusna yang lain secara berpasangan seperti ya Allah ya Qohhar, ya Allah ya Wahhab, ya Allah ya Rozak, Ya Allah ya Fattah, ya Allah ya Aliim, ya Allah ya Aziz…dst

    Bisa juga dibaca asmaulhusna tunggal Ya Jabbar, ya Malik, ya Quddus dst seperti contoh berikut ini
    Baca ya Allah Jabar, ya Jabar, ya Jabbar, ya Jabbar ….. berulang ulang sebanyak yang bisa dilakukan kemudian lanjutkan dengan membaca tasbih Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. )
    Baca kalimat tasbih tersebut dengan suara merendah dihadapan Allah, hayati dan pahami kalimat tasbih yang diucapkan itu dengan sungguh sungguh. Baca kalimat tasbih itu dengan berulang ulang sebanyak yang bisa dilakukan. . Selanjutnya biasakan untuk membaca kalimat tasbih itu didalam hati dimanapun anda berada.
Kalimat tasbih itu bisa dibaca setiap selesai shalat wajib, pada waktu pagi dan petang hari , boleh juga dibaca pada waktu malam hari sebagai selingan shalat tahajud atau shalat malam. Bertasbihlah bersama bintang , bulan , matahari , asteroid, meteor, awan , petir, angin dan segala sesuatu yang ada dilangit. Bertasbihlah bersama Gunung, pohon pohon, burung, hewan yang berjalan dan melata dibumi, ikan , ombak dilautan dan air yang mengalir disungai dan segala sesuatu yang ada dibumi ini. Dalam surat Al Israak ayat 44 Allah mengingatkan bahwa tidak ada sesuatupun dilangit dan bumi melainkan bertasbih pada Allah , namun kita tidak mengerti cara tasbih mereka
44. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Al Israak )
Dalam surat Saba’ ayat 10 Allah juga memerintahkan Gunung dan burung burung agar bertasbih berulang ulang bersama Nabi Daud as
10- Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya,(Saba’ 10)
Dengan banyak bertasbih hati jadi nyaman dan tentram , betapapun berat dan sulit masalah yang dihadapi insya Allah akan selalu ada jalan keluar. Allah maha memperhatikan keadaan hamba hambaNya dan Allah maha kuat untuk menolong mereka dari berbagai kesulitan yang dihadapi. Bertasbihlah sebanyak banyaknya agar Allah mengeluarkan anda dari tempat yang gelap kepada tempat yang terang, dari tempat yang sempit ketempat yang lapang, dari tempat yang hina ketempat yang mulia.

Bertasbih denga teknik pengaturan napas

Jika anda merasa lelah mengucapkan kalimat tasbih tersebut dengan lisan , maka anda bisa melakukannya dengan mengucapkan didalam hati tanpa bersuara sebagaimana dianjurkan dalam surat Al A’raaf ayat 205
205. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.(Al A’raaf 205)
Ambil sikap duduk bersila dilantai atau duduk dikursi dengan kaki terjuntai kebawah.
  1. Tarik napas perlahan lahan sambil mengucapkan asmaulhusna ya jabbar berulang ulang didalam hati hingga udara memenuhi seluruh ruang paru paru. 

  2. Tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca ya jabbar berulang ulang

  3.  Hembuskan napas perlahan lahan sambil membaca : Anta Robbi, Anta maulana, laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal mulki. laa illaha illa anta , subhanaka ya malikal karim, laa illaha illa anta , subhanaka ya dzal jalaali wal ikram. ( Engkaulah Tuhan kami, Engkaulah penolong kami, tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha suci Engkau wahai Raja yang mempunyai kerajaan, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai raja yang maha mulia, tidak ada Tuhan selain Engkau Maha suci Engkau wahai Raja yang maha tinggi dan maha mulia. ) >

  4. Demikian lakukan terus berulang ulang sambil menghayati apa yang dibaca didalam hati. Kalimat asmaulhusna bisa diganti dengan yang lainnya seperti Ya Malik, Ya Fattah, Ya Qohhar, Ya Aziz, Ya Latif …dst
Dengan banyak bertasbih Insya Allah Dia Raja yang berkuasa penuh dilangit dan bumi akan mengeluarkan anda dari berbagai kesulitan yang anda alami.Dia akan memberi solusi bagi anda dalam menghadapi berbagai masalah yang anda hadapi. Biasakanlah bertasbih bersama segala sesuatu yang ada dilangit dan bumi ini. Karena tidak ada sesuatu dilangit dan bumi melainkan selalu bertasbih kepadaNya sebagaimana yang disebutkan dalam surat al Israak ayat 44.

Sumber  : fadhilza.com

0 komentar:

Post a Comment

Personality

More »
 
 
 

Materi Lain

More »

Islam dan Barat

More »
 
Copyright © QUANTUM QUR'AN