Integritas - Inspirasi QS.61:2

Feb 12, 2010

يٰأَيُّهَا الَّذينَ ءامَنوا لِمَ تَقولونَ ما لا تَفعَلونَ

"
Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?" QS.61:2

Ayat ini mengajarkan tentang integritas. Dalam buku quantum sukses, integritas merupakan salah satu kunci sukses. Integritas adalah kesesuaian antara nilai-nilai, prinsip, atau norma-norma yang dianut dengan perbuatan dan perkataan. Pengertian seperti ini juga disebut iman. Jadi orang yang beriman adalah orang yang memiliki integritas.

Dipostingan sebelumnya, inspirasi QS. Fathir ayat 29 kita mendapat pencerahan bagaimana Allah sangat menginginkan orang-orang beriman menjadi manusia sukses dengan memberikan 3 (tiga) kunci melejitkan potensi untuk meraih sukses tanpa batas. Nah di ayat ini Allah memberikan peringatan kepada kita : "Wahai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat?"

Sebenarnya ayat ini adalah nasehat agar kita selaras antara ucapan dan perbuatan. Selaras antara nilai-nilai, prinsip-prinsip, dan visi yang kita miliki dengan perbuatan.

Ayat itusekaligus peringatan agar menjaga integritas dan tidak merusaknya. Allah sangat marah jika ada yang ingin merusak integritasnya: " Allah sangat murka kepada orang yang mengatakan sesuatu yang dia sendiri tidak melakukannya." (QS.61:2).

Orang yang merusak integritasnya dan tidak mau merubah mendapat dua kerugian. Pertama, di akhirat ia akan mendapatkan kesengsaraan dengan siksaan yg telah disiapkan Allah. Dalam sebuah riwayat Allah menyediakan suatu kamp di neraka ut mengazab orang yang merusak integritasnya. Kedua, di dunia dia akan kehilangan kepercayaan. Sebagaimana diketahui bahwa integritas adalah point yang sangat penting dalam kesuksesan seseorang. Integritas menimbulkan kepercayaan dan kepercayaan ini sangat menentukan keberhasilan dalam hubungan antar manusia. Dalam dunia bisnis, dunia kerja ataupun dakwah, Integritas dan kepercayaan adalah dua hal yang selalu dijaga.

Oleh karena itu, jika ingin sukses dan bahagia dan akhirat hendaklah menjaga integritas. Lejitkan potensi anda untuk meraih kesuksesan dengan senantiasa mentadaburi Al Qur'an.

Sukses dan bahagia untuk anda.


2 komentar:

bungjamil said...

mantaps sobat

Al Qur'an sebagai inspirasi kesuksesan.

iqro said...

Nice inspiration brother...
god luck

Post a Comment

Personality

More »
 
 
 

Materi Lain

More »

Islam dan Barat

More »
 
Copyright © QUANTUM QUR'AN